Cerdas mengatur Keuangan

Pic
Kalo berhemat kesannya rada gimana gitu ya, so mari kita anggap ini dengan memanage keuangan hahaha (kedengarannya agak susah).
Kebanyakan mahasiswa galau saat ini, bukan karena apa-apa juga, selain masalah asmara, yang ini juga ga kalah menggalau :D, yyuuup..masalah keuangan guys, ini biasanya seringkali diidap oleh mahasiswa yang jauh dari orang tua, merantau keluar kota, luar pulau, ato bahkan mungkin di luar negeri, tapi ga menutup kemungkinan juga yang tinggal sama orang tua ya. Memang pada umumnya mahasiswa zaman sekarang pada rekreatif yang berorientasi pada gaya hidup glamour dan bersenang-senang (ooouwoo sulit dipungkiri)*

Tanggal satu, umumnya semua sumringah, pergi ke ATM dan yip yip langsung capcus ke pusat perbelanjaan, beli perlengkapan ini itu (hehehe khususnya cewe ni ya), sampe kosan, liat struk belanjaaan, dan haaakh???? Baru awal bulan dan kantong udah menipis aja haha-eeeits tunggu dulu, paling ga, persediaan dapur dan rumah tangga udah tercukupi. Ga berhenti disini aja, belum mikirin utang yang kemaren sama temen yang ini, yang itu waktu makan siang disini disitu..waaaaaa…

Okay, sebelum semua terjadi sama kamu (kalo udah terjadi, supaya ga terjadi lagi), yuk saya baru dapet tips buat memanage keuangan kita, supaya entar ga galau lagi meskipun diakhir bulan :D *amin


Pertama, pisahkan uang dari awal. Tanggal muda adalah tanggal yang baik buat mahasiswa, tapi tunggu dulu, akan lebih baik kalo kita juga menjadi tenang-tenang saja ditanggal tua :D, adalah dengan memisahkan uang yang baru dikirim itu sesuai kebutuhan kita, misalnya ni keperluan makan, alat kuliah kea pena, buku, terus buat foto copy segala macem sepertinya menjadi prioritas utama dulu untuk sebulan kedepan hehe, selesai? Okay :D


Kedua, tentukan skala prioritas. Misalnya gini ni, waktu kamu harus ke mall buat beli kebutuhan dapur kosan, yaaa lewat-lewat dikit gitu ke took baju sama sepatu, ngakunya cuma cuci mata (cuci mata ko ke mall :D) dan akhirnya kamu kepincut sama sepatu yang cantik banget, kebetulan tuh sepatu udah lama kamu incer. Hahaha hayoooo??, periksa persediaan kantong, kalo kamu ngerasa kedepan bakal ada keperluan yang lebih penting, sebaiknya gagalin aja rencana untuk menyunting sepatu itu, lebih baik disimpen aja dulu alias ditabung, setelah semua dirasa dapat dilalui sampai akhir bulan, baru de balik lagi ke toko buat beli tuh sepatu. (pas liat, sepatunya udah diembat sama orang….uuuwaaaaagh >,<”) *sabar ya….


Ketiga, hindari orientasi pada merk. Ini ni yang lucu guys, kerasa banget sama saya. Yaaa yang tiap belanja harus bolak balik liatin harga yang paling murah, ga penting lagi merk, yang penting muraaah hahaha (diskon, diskon, diskon). Memang sih pada dasarnya merk sangat menjamin kualitas barang yang diproduksi. Dulu sebelum jadi mahasiswa bisa aja beli perlengkapan sesuka hati, sekarang jadi mikir dua kali :D, untuk apa kita membayar lebih jika kita dapat mendapatkan barang serupa dengan harga yang lebih rendah ? meski harga memang gak pernah bohong, bukan berarti kita harus memaksakan diri untuk hal yang akan sangat konyol jika kita lakukan.^^v


Keempat, bergaullah dengan orang yang tepat. Bukan berarti kita menutup sosialisasi kita sama orang-orang tertentu ya guys. Seusia seorang mahasiswa tentunya adalah usia untuk bereksplorasi. Dengan  teman-teman baru, kita dihadapkan dengan tantangan baru yang lebih kompleks. Dalam hal pengeluaran kita misalnya, teman kita memiliki peran yang sangat krusial, khususnya dalam membentuk pribadi kita. Hati-hati dalam memilih pergaulan. Pernah dengar pepatah yang satu ini ga? “jika kita bergaul dengan tukang parfum, kita akan kecipratan harumnya”. Salah memilih teman bisa mengakibatkan pengeluaran kita keluar deras tak terkendali.


Dan yang terakhir, malah inget sama pak Tukijan (guru ekonomi SMA) TERAPKAN PRINSIP EKONOMI :D mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. begitu bukan ? ya… haha saya rasa teman kelasku sudah paham dengan prinsip yang terkadang saya terapkan itu :D silahkan kalian pelajari sendiri tentang yang satu ini ya *eeits jangan sampai menzdolimi ya sahabat muslim^^


Tips diatas masih bisa dimodifikasi ko, tergantung sama kita aja buat cerdas dalam memanage pengeluaran, karena ga selamanya kita diberi kawan. Tidak sedikit sahabat kreatif diluar sana yang kuliah sambil kerja, padahal tau sendiri kalo lagi disibukin sama jadwal kuliah yang padat *salut banget sama yang bisa ngatur waktu buat kerja. Pada intinya adalah gunakanlah kesempatan duduk di bangku kuliah ini dengan sebaik-baiknya, dengan tidak melakukan hal yang sia-sia tentunya, terus berkarya dan berkontribusi \(^0^)/ ayeyeeee…

Don forget di kampung halaman ada orang yang mengharapkan kita pulang dengan membawa suka, bukan membawa duka.. *semangat kawan*



0 komentar:

Posting Komentar

Say something :)