Daripada Galau, mendingan Berkarya :D

Pic
Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Ungkapan yang sering digunakan agar kita berusaha berkarya agar kita dikenang. Ya betul BERKARYA, manusia mati meninggalkan nama, tapi kita bisa milih nama kita dikenang in the good way or bad way (haha sok bahasa inggris). Berkarya itu menghasilkan karya. Dari hasil pemikiran, pengamatan, dan kerja keras kita. Karya pun bisa apa aja. Kamu mau milih musik,oke. Lukisan, silahkan. Apapun kamu bisa lakukan asal kamu mau dan MENCOBA.

Terkadang kita kagum akan hasil karya orang lain. Apalagi yang seumuran ama kita, kesannya tuh orang hebat banget. Saya ambil contoh, tau Gita Gutawa kan? Pasti taulah, anaknya Musisi ternama Erwin Gutawa, yuuup hebat banget kan do’i yang usianya satu tahun dibawah saya, udah hebat banget  menulis lagu, bermain music, terus bisa kuliah ke luar negeri karena prestasinya yang SUPER WOW di sekolah :D menang kontes di luar maupun di dalam negeri, dan masih banyak karyanya yang bisah dinikmati oleh orang banyak. Hebat yah? tapi kenapa Gita bisa berkarya saya belom? Ya itu dia, Gita udah tau apa yang mau dia lakuin memeras keringat untuk itu dan hasilnya bisa dinikmati sekarang. Oooo jadi kita harus tau dulu apa yang harus kita lakukan.

Oke,terus gimana cara biar kita tau apa yang kita mau? ya gampang, MENCOBA. One big step start with little step. Gimana cara kita tau apa yang kita mau tapi ga nyoba. Gimana bisa sesuatu kalo kerjaannya nyibir orang lain mulu. Ngeliat orang jago desain, langsung mikir, ah saya jg bisa. Liat di tv orang jago nge-dance, ngeremehin dengan bilang “ah,tuh orang aja punya kesempatan”. BUKTIIN donk, saya yakin kita semua bisa ko dengan apa yang kita mau asal nyoba aja. Saya  mikir sayang banget kalo kita hidup dengan tidak mencoba hal baru. Padahal gampang ko, kalo mau nulis, ya tinggal nulis aja. Terus dicoba sampe kamu kayanya ngerasa ini bukan dunia aku, cari lagi jalan lain. Asal mencoba, saya pikir kamu bisa semuanya ko. Kata kakek  thomas alfa edisson aja, kesuksesan itu 1 % ide dan 99 sisanya KERJA KERAS.

Tadi saya sempat menyinggung masalah kesempatan. Mau sedikit cerita ni, saya pernah ikut seminar dan pembicara waktu itu  bilang keberuntungan itu = kerja keras+kesempatan. Ini dia, kalo kamu merasa belum ada kesempatan, yaudah kerja keras dulu aja, toh pasti ada gunanya ko buat kamu. Makanya dari awal niat belajarnya itu ikhlas dan emang pengen pinter. Dengan tambahan berdoa ama Allah, saya yakin kesempatan itu dateng ko. Dan mudah-mudahan itu jadi keberuntungan buat kita.

Nah maksud saya nulis ini, saya pengen banget kita semua berlomba saling menunjukkan karya kita. Bukan untuk sombong-sombongan, tapi emang karena kita semua seneng melakukannya. Coba deh kamu banyangin, kalo satu orang dari kita ngehasilin satu karya, pasti kita ikut seneng dan terpacu untuk berkarya juga. Dan akhirnya, kita saling tuker informasi, tuker ilmu yang nantinya bakal nambah wawasan kita. Asik loh, kemaren saya nyoba nulis-nulis puisi. Asal bikin aja, yang penting nyoba dulu. Bwuhahaha :D

Nah temen-temen, coba deh kita mulai berkarya, jangan jadiin keterbatasan sebagai alasan. Itu klasik dan kata anak gaul “so yesterday” banget. Si ikal dari laskar pelangi aja bisa terbang dan menuntut ilmu ke prancis. Padahal saya yakin waktu dia kecil, ga pernah kebanyang untuk bisa keluar indonesia, keluar pulau belitong bahkan. Itu dia, ikal bisa berkarya dan bisa menjemput impian dia, masa kita ga bisa. Apa siyh keterbatasan kita? Mau informasi, gampang cari aja di internet, numpang di kosan temen kek kalo kamu males keluar duit buat ke warnet hahaha. Mau liat hasil karya orang lain yang bagus-bagus, dateng aja ke perpustakaan, banyak buku bagus yang bisa jadi referensi buat kita.

Paman einsten bilang, manusia rata-rata hanya menggunakan 2 % dari kemampuan otaknya selama hidup mereka. Nah lo, ko kecil banget yah! Makanya tugas kita buat bikin kemampuan otak kita semaksimal mungkin. Masa udah susah-susah dikasi otak ama Allah tapi ditelantarin itu aja. Jadi selamat berkarya yah, siapa tau kamu bisa lebih hebat dari pak SBY, djenar maesa ayu, johny deep, ato bill gates. Saya yakin kamu bisa ko. Asal apa temen-temen? Ya MENCOBA..
Selamat berkarya kawan............


6 komentar:

  1. Keren dehh.... :)
    I Like this mbag.... :D

    BalasHapus
  2. Thankyou dek, tetap berkarya :)

    BalasHapus
  3. ini ni yg harus dimiliki oleh anak muda sekarang put. :)

    BalasHapus
  4. bener fah :) yaa....setidaknya mulai dari yang kecil lah kan hheee

    BalasHapus
  5. heem..... jika qta meninggal kelak karya qtalah yg akan dikenang selalu... :)

    BalasHapus
  6. bener hen, kali aja kita jadi ikut-ikutan dikenang hhheee :-d

    BalasHapus

Say something :)