What should I do on FINAL EXAM?

Pic
Does everybody have a good life now? yeaah be pride of everything you have. Berhubung beberapa waktu kedepan, saya rasa tinggal menghitung hari lagi, saya dan teman-teman akademi farmasi Al-Fatah akan menghadapi ujian akhir semester. Woooo .. ya finals “EXAM” are the bane of most college students’ existence.  One final exam would be bad enough, but at the end of the semester we often have to take two or three exams in a single day! its enough to make evem the most studious among us pine for the life of a beach bum :'D
kedengarannya memang agak scary. Ya, hidup kita memang tidak terlepas dari ujian, termasuk untuk ujian yang satu ini. Yang saya suka adalah suasana ketika sederetan kost-kostsan yang isinya adalah anak kesehatan ini pada begadang, udah prepare handout yang tebalnya Nauzubillah, buku-buku juga yang ga kalah jumlah halamannya, wah..wah…standby minuman dan makanan ringan, dan siap-siap dengerin kumbang menggumam ampe tengah malam hehehehe.
Yaaa..dikost-kostan ku semua isinya anak kesehatan yang masih satu kompleks  sama kampusku, dan biasanya waktu ujian kita tidak jauh berbeda.
Kebanyakan orang, pelajar khususnya  pastilah mengeluh bila waktu ujian akan tiba, entah itu dari hati atau hanya sekedar menyambung pembicaraan teman saja. Kenyataannya hari itu pasti akan tiba, dan kita harus menghadapinya hehehe. This is it, just want to share cara saya menghadapi ujian adalah dengan :

Pertama, saya biasanya udah nyiapin berbagai materi setiap mata kuliah entah itu handout yang dikasih sama dosen, makalah-makalah kelompok dan lain sebagainya, biasanya dua minggu sebelum ujian berlangsung semua materi udah terkumpul dalam satu folder yang saya kasih nama “UJIAN”

Kedua, saya ngeprint materi yang saya pikir butuh waktu dan tempat buat baca tuh materi *penting* terus mengelompokkan materi sesuai sama mata kuliahnya, misalnya materi Farmakologi ya khusus materi itu aja dan kemudian di jepreeeet, jadi ga mudah tercecer kalo mau dibaca.

Ketiga, setelah semua materi sudah tersedia, waktunya membuat jadwal belajar untuk ujian hhhhe, ya kalo menurut saya sih mendingan dicatet supaya pas sama komitmen kita ^^v rancang dan tempelkan di dinding dekat dengan meja belajar dan materi-materi kita, supaya selalu mengingatkan kita untuk tetap bertahan dengan jadwal itu, atur juga waktunya supaya seimbang, misalnya dari pukul 19:00-20:00 baca materi Teknologi Farmasi, setelahnya istirahat, dan lanjut lagi ke materi yang lain, dan bla..bla… :D .

Keempat, tenang supaya tidak stress. Kebanyakan yang bikin kita merasa tidak tenang adalah sugesti dari kita sendiri juga teman-teman kita, santai saja…jangan bingung harus mulai darimana, pelan-pelan saja :) supaya kita tetap focus dan konsentrasi.

Kelima, evaluasi nilai-nilai sebelumnya. Yaaa..tidak ada salahnya kita melihat kembali kartu hasil study kita di semester sebelumnya, lihat nilai di mata kuliah yang mana yang pencapaiannya masih kurang, maka itu dulu yang kita optimalkan, supaya hasilnya juga seimbang.

Keenam, buat catatan kecil. Sebenarnya saya jarang sekali menggunakan tehnik ini, tapi  ketika saya lihat, kebanyakan teman-teman menyukai tehnik ini. saya biasanya hanya menggarisbawahi dan memberi warna pada point-point penting di catatan saya.

Ketujuh, Jaga kesehatan ya, “keep healthy”  ketika kita jatuh sakit dan saat itu juga kita memaksakan untuk belajar maka semua akan membuat keadaan menjadi lebih buruk dan menurut yang saya baca itu malah merusak sel-sel otak kita. Jadi dijaga kesehatan tubuhnya ya ^^v jangan terlalu diporsir, ketika saatnya istirahat, yaaa istirahatlah sejenak :’)

Kedelapan, Tingkatkan stimulasi otak, Ingat, belajar itu tak harus dengan buku-buku perkuliahan. Bacalah buku-buku selingan yang bermanfaat. Terutama al-Quran. Tiap hari. Khusyu’. Insya Allah daya ingat dan konsentrasi akan meningkat. Al-Quran adalah energi positif bagi otak dan hati. Pedoman dan tuntunan hidup yg mengoptimalkan endurance kita (termasuk dalam berpikir). Otak yang dipenuhi energi positif akan bekerja maksimal, insya ALLAH. (pesan dari : mbak fi ^^)

Kesembilan, tidak ada salahnya jalan-jalan sejenak, tidak mesti ke mall atau tempat permainan kok, hihi..saya biasanya suka kepantai bareng “amel” (temen satu kamar) duduk sejam ampe dua jam sudah cukup melepaskan penat setelah seharian dengan buku-buku materi :’) rasa tenang dan bahagia itu bisa kembali merelaksasikan otak kita loh !

Kesepuluh, mintalah doa restu orang terdekat, buat anak kost-kostan kea saya ga ada salahnya telpon sebetar :’)

Terakhir dan terpenting; Pastikan banyak berdoa, dzikir, dan tahajud. Ibadah seperti dzikir dan sholat merupakan aktivitas fisik dan jiwa yang mampu menenggelamkan seorang hamba pada kepasrahan karena hati dan pikirannya terpaut hanya pada Yang Maha Sempurna. Secara spiritual, sholat khusyu’ dan dzikir memberikan hati dan pikiran konsentrasi serta relaksasi, sebab kita memasrahkan raga dan jiwa ini pada Yang Memiliki kita (Mbak Fi ^^).

semoga ketika waktunya datang, kita bisa dengan mudah menyelesaikan soal-soal yang diberikan pada saat #final exam nanti, jangan sampai persiapan yang tidak matang menjadikan kita pribadi yang seperti ini loh!
Okay, semuanya selamat menempuh ujian ^^v semoga sukses dan diberikan kemudahan dalam belajar. Mohon doanya tanggal 09 July ini hari pertama saya ujian :')

2 komentar:

  1. Mantap ini Tips ujiannya. Karena aku orangnya tak suka menulis melulu, Aku hanya menulis jadwal yang ku baca setiap hari, dan mendengar dosen ngomong tanpa mencatat, dan cari teman yang rajin mencatat dan foto pakai kamera digital yang berpixel tinggi biar tak blur. File foto di simpan di folder sesuai matakuliah =P

    BalasHapus
  2. hahaha efisien juga ya, mantaavvvv. temenku juga ada yang kea gitu. itung2 manfaatin teknologi canggih :D

    BalasHapus

Say something :)