Payung Teduh Yang Meneduhkan

Assalammu'alaykum.
Hallo, sudah lama tidak bercerita ^^" apa kabar? anggap saja akhir-akhir ini saya sedang menjadi pembaca atau pendengar yang baik barang kali *ngelesnya suka gitu*.
Jadi....saat istirahat siang sebelum ada tugas ngelab, tepatnya hampir tiga bulan yang lalu seorang teman yang menyenangkan merekomendasikan untuk mendengarkan lagu karya orang-orang hebat asal Universitas Indonesia ini. Yaaapp, Payung Teduh, kalau bukan karena teman saya itu, mungkin sekarang tidak ada deretan lagu-lagu mereka dalam daftar putar di handphone juga laptop kesayangan ;). Haha memangnya saya hidup dijaman apa yah sampe tidak tahu kalau ada band se-keren ini, saya tidak tau banyak tentang band-band indie.
Gambar dari sini
Well, pada akhirnya alunan musik yang merupakan gabungan antara keroncong dan jazz itu berhasil mencuri perhatian saya. Petikan gitar akustik yang asik yang tidak pernah ketinggalan, juga contra bass (Alat musik yang identik dengan orchestra karena masih merupakan keluarga violin, viola, dan cello) ya, contra bass yang dipetikkan dengan tegas dalam tempo lambat bersuasana akustik, beeeesss ketika diputarkan lagunya mampu menggentarkan ruangan hingga akhirnya masuk ke jiwa yang mendengarkan. Daaaan saya suka sekali suara vokalisnya. 

Akhir-akhir ini saya suka memperhatikan lirik saat mendengarkan musik, tidak seperti biasanya, kali ini sebuah lirik menjadi bagian yang paling menarik setelah backsoundnya sendiri. Termasuklah di dalamnya lirik disetiap lagu-lagu Payung Teduh, sangat imajinatif dan sastra banget kalo menurut saya begitu. Betapa disetiap kata diciptakan berdasarkan pikiran dan perasaan dengan bahasa yang indah serta memiliki kedalaman pesan. KEREN!

Ada beberapa lagu yang butuh analisa berulang *ciailaah, iya maksudnya harus saya ulang berkali-kali dulu untuk menangkap maknanya hehe bermula dari situ juga saya suka lirik-lirik yang macam beginian. Nuansa yang dibangun benar-benar meneduhkan, terang saja namanya Payung Teduh. Orang-orang ini jelas sudah memiliki identitas disetiap lagu-lagu dalam albumnya.

Sederhana, sederhana bukan dalam artian yang tidak kreatif atau usual dan membosankan, melainkan sederhana dalam artian personal dan dalam, sesederhana saya menyukainya. Biasanya ketika mendengarkan beberapa lagu yang baru masuk dalam daftar putar, seminggu atau dua minggu selanjutnya lagu itu sudah saya pindahkan, tapi tidak untuk Payung Teduh :)
Ini ada beberapa track yang menjadi fovorite saya :

Berdua Saja 
Ada yang tak sempat tergambarkan oleh kata
Ketika kita berdua
Hanya aku yang bisa bertanya
Mungkinkah kau tahu jawabnya

Malam jadi saksinya
Kita berdua diantara kata
Yang tak terucap
Berharap waktu membawa keberanian
Untuk datang membawa jawaban

Mungkinkah kita ada kesempatan
Ucapkan janji takkan berpisah selamanya

Suara si vokalis selaras sekali dengan dengan lirik (syair) yang diciptakannya sendiri itu. Mainstream, sepertinya cinta masih menjadi tema utama, aah manusia mana yang tidak punya cinta? cinta yang beragam, tergantung kita yang mengartikannya. Lagu Berdua Saja, misalnya, bercerita tentang harapan dan dalam keheningan walaupun sedang tidak berdua :)


Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan 
Tak terasa gelap pun jatuh
Diujung malam menuju pagi yang dingin
Hanya ada sedikit bintang malam ini
Mungkin karena kau sedang cantik-cantiknya

Lalu mataku merasa malu
Semakin dalam ia malu kali ini
Kadang juga ia takut
Tatkala harus berpapasan ditengah pelariannya

Di malam hari
Menuju pagi
Sedikit cemas
Banyak rindunya

Yang satu ini, aaih ^^. Setiap perempuan pasti berharap menjadi sosok yang sedang dimaksudkan dalam lirik itu. Juga si lelaki yang berharap bisa memeluk dekap perempuan kedua maupun ibunya. Seandainya lagu yang ini bisa menjawab dari lagu "Berdua Saja", dimana...dalam sebuah malam cuma ada kalian berdua, bercerita apa saja sambil meminang detik demi detik dalam lingkaran bernama kenyamanan. CEMAS, berharap waktu berhenti di situ saja, selanjutnya ini ..

Mari Bercerita
Seperti yang biasa kau lakukan di tengah perbincangan kita
Tiba-tiba kau terdiam sementara ku sibuk menerka apa yang ada di pikiranmu
Sesungguhnya berbicara denganmu tentang segala hal yang bukan tentang kita
Mungkin tentang ikan paus di laut atau mungkin tentang bunga padi di sawah
Sungguh bicara denganmu tentang segala hal yang bukan tentang kita
Selalu bisa membuat semua lebih bersahaja.. Ooo..

Malam jangan berlalu
Jangan datang dulu terang
Telah lama kutunggu
Ku ingin berdua denganmu
Biar pagi datang 
Setelah aku memanggil terang

Sekali lagi, sekali lagi liriknya mampu menyentuh hati dengan cara yang bersahaja.....

Kita adalah Sisa-Sisa Keikhlasan Yang Tak Diikhlaskan
Kita tak semestinya berpijak diantara
Ragu yang tak berbatas
Seperti berdiri ditengah kehampaan
Mencoba untuk membuat pertemuan cinta

Ketika surya tenggelam
Bersama kisah yang tak terungkapkan
Mungkin bukan waktunya
Berbagi pada nestapa
Atau mungkin kita yang tidak kunjung siap

Kita pernah mencoba berjuang
Berjuang terlepas dari kehampaan ini
Meski hanyalah dua cinta
Yang tak tahu entah akan dibawa kemana

Kita adalah sisa-sisa keikhlasan
Yang tak diikhlaskan
Bertiup tak berarah
Berarah ke ketiadaan
Akankah bisa bertemu
Kelak didalam perjumpaan abadi

Kalau yang ini bagaimana? ^^v

Rahasia 
Tak ada sore dan udara menjadi segar
Tak ada gelap, lalu mata enggan menatap
Tak ada bintang mati, butiran pasir terbang ke langit
Tak ada fajar, hanya remang malam
Semua tlah hilang terserap matahari
Harum mawar memburu bulan
Rahasia tetap diam tak terucap
Untuk itu semua aku mencarimu
Berikan tanganmu, jabat jemariku
Yang kau tinggalkan hanya harum tubuhmu
Berikan suaramu, bawa semua bisikanku memanggil namamu
Atau kau ingin aku berteriak sekencang kencangnya
Agar seluruh ruangan ini bergetar oleh suaraku


Dan untuk yang satu ini, butuh lebih dari sekali dengar untuk menangkap maknanya "Tak ada bintang mati, butiran pasir terbang ke langit" "Harum mawar membunuh bulan". Yaah, meski setiap pendengar punya maksud sendiri untuk lagu yang didengarnya, saya cuma menangkap gambaran seseorang yang sepertinya sedang merasakan kehilangan yang sangat mendalam "Atau kau ingin aku berteriak sekencang-kencangnya" hiks~. Seseorang yang mungkin pergi dengan rahasia yang disimpannya sendiri, ya perempuan memang suka menyimpan rahasia. Kalau kata Chris Vineyard dalam Detektif Conan "a secret makes a woman, woman" biasanya ada sesuatu yang mengharuskan dia tidak banyak bicara tentang "rahasianya" itu.

Lirik-lirik itu cuma sebagian dari lagu dalam dua album Payung Teduh, masih banyak yang menjadi favorite, aiiih intinya semua lagu mereka de, saya suka. Misalnya lagi seperti menuju senja, angin pujaan hujan, di ujung malam, resah, biarkan, malam, tidurlah, kucari kamu, dan cerita tentang gunung dan laut :)
Sepertinya akrab sekali ya dengan malam, menurut saya malam memang temannya semua orang, mimpi dan sunyi, pas sekali dan saya suka. Segera dengar, saya yakin teman-teman juga akan langsung jatuh cinta saat dengar lagu-lagu teduh dari Payung Teduh ini, have a good listen :)
Wassalam.

37 komentar:

  1. baru pertama kali mendengar ada amlbum yang berjudul Payung Teduh...

    Berdua saja, sepertinya lagu ini cocok untuk memancing romantisme :)

    BalasHapus
  2. saya tahu tapi ga tahu lagu2 pernah tampil dimana gitu tapi ga liat, hhehehehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga belum pernah liat langsung mereka manggung :) but sometimes~

      Hapus
  3. Hehehe, aseli dah, lagu2 mereka ini cocok sebagai pengantar tidur. Biasanya sebelum merem, saya denger lagu2 mereka mbak.hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mau tidur, cukup dengerin "tidurlah". Kata orang lagunya mereka bikin ngantuk. Kalo saya sih beda kak, kalo lagi ngantu ya ngantuk aja, sebaliknya :D yang lagi ngantuk kurang tidur aja kali hhoo

      Hapus
  4. Jadi penasaran pengen dengerin lagunya langsung

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Putri memang keren mbak hann :D *salah fokus*

      Hapus
  6. payung teduh itu indie atau anak band dari jurusan musik UI put? Wah kalo jazz gitu gue g gitu paham, soalnya temponya enggak pernah bisa paham menerka...... dulu waktu gue ngeband belum pernah sekali pun berhasil nyanyi lagu jass. wah payung teduh kayaknya keren gue coba download

    BalasHapus
    Balasan
    1. Band indie dari UI gitu dulunya pas awal-awal terbentuknya band mereka bang :D suka manggung di sana juga, sekarang mereka sudah mulai dikenal lah, mereka udah ngeluarin dua album :D

      Hapus
  7. Saya belum pernah dengar group band itu kecuali baca dari artikel ini. Apa pernah masuk inbox gitu...
    Thanks sharenya yah n salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hajjuuu saya sudah lama ga mantengin ibox kak :D. kembali kasih, salam.

      Hapus
  8. banyak yg ngomongin tapi gak pernah denger satupun lagunya T~T

    BalasHapus
  9. Pernah denger nih dari temen, coba ah dengerin dulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah denger dari temen dan baca ini, silahkan dengerin de :D

      Hapus
  10. Kalau saya , suka sekali sama lagu tidurlah... Apalagi sambil liat video klip lagunya, menyentuh sekali....

    BalasHapus
  11. Payung teduh di medan tanggal 7 juni 2014 ini abg kakak, silahkan merapat bagi yang dekat, yang jauh silahkan datang ya,

    BalasHapus
  12. Kalo udh dengerin lagu'a brasa melayan layang

    BalasHapus
  13. Kalo lagi dengar lagu payung teduh rasa nya udah tenang. Kaya ada sesuatu yang selesai dengan sendirinya gitu. Tpi kenapa kok teman teman gue bilang gak enak lagunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada akhirnya segala hal tentang kesukaan itu relative yahh

      Hapus
  14. rahasia itu syahdu
    mari bercerita itu sudut pandang lain dari romantis

    keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. berbicara payung teduh, bahkan luka-pun berkesan romantis.

      Hapus
  15. Aku kira yg buat lirik, sering sholat malam..

    BalasHapus
  16. Banyak lirik yg yg maknanya itu menuju ke dunia yg berbeda. Coba dipelajari lagi makna liriknya. Memang lagunya itu sangat enak untuk di dengar, tp saya skrg jadi pikir dua kali kalo dengar pas mau tidur. Krna ada ada salah satu lagunya yg berkisah dari kisah nyata, yaitu judulnya 'resah'. Itu sebenarnya sebuah puisi yg dibuat oleh pacar salah satu temen dari salah satu personil payung teduh. Kisah lebih lanjutnya bisa di cek di youtube kalo penasaran dan kurang percaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resah lagu yang misterius :D

      Hapus
    2. Di lagi resah tuh ada puisi yg dibuat sama bassisnya mas comi sebelum gantung diri

      Hapus
  17. Pabrikjamdinding.com barang promosi order seluruh Indonesia

    BalasHapus

Say something :)